Senin, 11 Oktober 2010

Interaksi Sosial

Pengertian Interaksi Sosial
 Pada dasarnya interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu, antara individu dengan kelompok individu, dan hubungan timbal balik antara kelompok individu dengan kelompok individu lainnya.Di sisi lain interaksi sosial dapat diartikan suatu bentuk aktivitas individu dalam memenuhi kebutuhannya.

a. Kimbal Young (1959)




Menurut Kimbal Young dan Raymond W. Mack, Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antara individu,individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok.





b.Prof .DR. Soejono Soekanto, SH. MA 




Merumuskan interaksi sosial sebagai bentuk-bentuk yang tampak, apabila orang perorangan atau kelompok- kelompok manusia itu mengadakan hubungan satu dengan yang lain, dengan terutama mengetengahkan kelompok sosial serta lapisan- lapisan sosial, sebagai unsur-unsur pokok dari struktur sosial.


1. Carilah Faktor-faktor yang mendorong Terjadinya Interaksi Sosial...!!
Jawab:

a. Sugesti




Proses Sugesti diartikan sebagai suatu pengaruh seseorang kepada orang lain denagn cara tertentu. Sehingga pandangan atau pengaruh tersebut diikuti tanpa berpikir panjang.





b. Imitasi 


Imitasi pada hakikatnya adalah proses belajar seseorang dengan cara meniru atau mengikuti prilaku orang lain. Dalam hal ini bukan hanya sikap tetapi penampilan, tingkah laku, maupun gaya hidup.Bahkan apa saja yang dimiliki orang tersebut.




c.Identifikasi  
identifikasi adalah kecendrungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan individu lain yang ditiru.




d.Simpati 
Simpati adalah perasaan tertarik yang timbul dalam diri seseorang dan membuatnya merasa seolah olah berada di posisi orang lain (keadaan orang lain).

 




e.Motivasi 
Motivasi dalam suatu interaksi sosial merupakan dorongan yang mendasari seseorang untuk melakukan perbuatan berdasarkan pertimbangan resionalitis.
 








f. empati 
Empati dalam proses kejiwaan seorang individu untuk larut dalam perasaan orang lain baik suka maupun duka.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar